Menurut salah seorang pakar PAI di Indonesia, Prof. Dr. H. Abd. Majid, MA, bahwa Pengertian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan berupa bimbingan, pengajaran, dan atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Adapun menurut undang-undang UUSPN No.2/1989 pasal 39 ayat 2 menyebutkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama dalam hubungan kerukunan antar umat beragamadalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Masih dari sumber pakar di atas, bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keimanan, penghayatan, pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlah mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Atau bila dibuat dalam bentuk poin-poin, maka tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dirinci sebagai berikut :
Memperkuat iman dan taqwa
Menghormati agam lain
Memelihara kerukunan antar umat beragama
Mewujudkan persatuan nasional
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh seorang guru maka ada beberapa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) maka ada beberapa strategi yang harus diterapkan, yaitu :
Mengidentifikasikan dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik pengajar.
Terlebih dahulu memilih sistem pendekatan belajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup anak didik pengajar
Menetatapkan prosedur, metode dan teknik pembelajaran yang dianggap paling tepat sehingga dapat dijadikan pegangan dalam kegiatan mengajar guru.
Memberikan batasan norma-norma dan batas minimal standar keberhasilan kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan evaluasi dari hasil belajar siswa.
Dalam mencapai tujuan pembelajaran perlu menyusun strategi yang optimal, diantaranya:
Dengan strategi pembelajaran secara langsung.
Dengan strategi pembelajaran melalui diskusi.
Dengan strategi pembelajaran dengan membentuk kelompok kecil.
Dengan strategi pembelajaran cooperative learning.
Dengan strategi pembelajaran melalui problem solving.
PENGERTIAN METODELOGI PENGAJARAN PAI
Pengertian Metode
Secara harfiah “metodik” itu berasal dari kata “metode” ( method ). Metode berarti suatu cara kerja sistematik dan umum, seperti cara kerja ilmu pengetahuan . Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui” dan hodos berarti “jalan” atau “cara”. Dengan demikian metode dapat diartikan cara atau jalan khusus yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan . Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan yang mencapai tujuan yang di tentukan .
Pengertian Pengajaran
Menurut Sikun Pribadi Guru Besar IKIP Bandung berpendapat bahwa pengajaran itu adalah suatu kegiatan yang menyangkut pembinaan anak mengenai segi kognitif dan psikomotorik semata - mata, yaitu supaya anak lebih banyak pengetahuannya, lebih cakap berpikir kritis, sistematis dan objektif serta terampil dalam mengerjakan sesuatu .
Pengertian Pendidikan Agama
Pengertian pendidikan agama menurut para Ahli :
1. Menurut Dra.Hj Zuhairini,dkk
Pendidikan Agama adalah usaha- usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran islam .
2. Menurut Drs. H. Abd. Rachman Saleh
Pendidikan agama adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik supaya kelak setelah selesai pemdidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran – ajaran agama islam serta menjadikanya sebagai way of life ( jalan kehidupan )
Pengertian metodologi pengajaran PAI
Dalam membahas metodologi pendidikan agama kita harus memahami pengertian “metodologi” itu sendiri. Secara harfiah, kata “metodologi” berasal dari bahasa Greek, yakni “metha” yang berarti melalui dan “hodos” berarti jalan atau cara. Sedangkan “logos” berarti ilmu pengetahuan yang membahas tentang cara atau jalan yang harus dilalui . Jadi metodologi pengajaran agama islam adalah ilmu yang membicarakan cara - cara menyajikan bahan pengajaran agama islam kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien .
Adapun menurut undang-undang UUSPN No.2/1989 pasal 39 ayat 2 menyebutkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati agama dalam hubungan kerukunan antar umat beragamadalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Masih dari sumber pakar di atas, bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keimanan, penghayatan, pengamalan peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlah mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Atau bila dibuat dalam bentuk poin-poin, maka tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dirinci sebagai berikut :
Memperkuat iman dan taqwa
Menghormati agam lain
Memelihara kerukunan antar umat beragama
Mewujudkan persatuan nasional
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh seorang guru maka ada beberapa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) maka ada beberapa strategi yang harus diterapkan, yaitu :
Mengidentifikasikan dan menetapkan spesifikasi serta kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik pengajar.
Terlebih dahulu memilih sistem pendekatan belajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup anak didik pengajar
Menetatapkan prosedur, metode dan teknik pembelajaran yang dianggap paling tepat sehingga dapat dijadikan pegangan dalam kegiatan mengajar guru.
Memberikan batasan norma-norma dan batas minimal standar keberhasilan kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan evaluasi dari hasil belajar siswa.
Dalam mencapai tujuan pembelajaran perlu menyusun strategi yang optimal, diantaranya:
Dengan strategi pembelajaran secara langsung.
Dengan strategi pembelajaran melalui diskusi.
Dengan strategi pembelajaran dengan membentuk kelompok kecil.
Dengan strategi pembelajaran cooperative learning.
Dengan strategi pembelajaran melalui problem solving.
PENGERTIAN METODELOGI PENGAJARAN PAI
Pengertian Metode
Secara harfiah “metodik” itu berasal dari kata “metode” ( method ). Metode berarti suatu cara kerja sistematik dan umum, seperti cara kerja ilmu pengetahuan . Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu meta dan hodos. Meta berarti “melalui” dan hodos berarti “jalan” atau “cara”. Dengan demikian metode dapat diartikan cara atau jalan khusus yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan . Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan yang mencapai tujuan yang di tentukan .
Pengertian Pengajaran
Menurut Sikun Pribadi Guru Besar IKIP Bandung berpendapat bahwa pengajaran itu adalah suatu kegiatan yang menyangkut pembinaan anak mengenai segi kognitif dan psikomotorik semata - mata, yaitu supaya anak lebih banyak pengetahuannya, lebih cakap berpikir kritis, sistematis dan objektif serta terampil dalam mengerjakan sesuatu .
Pengertian Pendidikan Agama
Pengertian pendidikan agama menurut para Ahli :
1. Menurut Dra.Hj Zuhairini,dkk
Pendidikan Agama adalah usaha- usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran islam .
2. Menurut Drs. H. Abd. Rachman Saleh
Pendidikan agama adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik supaya kelak setelah selesai pemdidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran – ajaran agama islam serta menjadikanya sebagai way of life ( jalan kehidupan )
Pengertian metodologi pengajaran PAI
Dalam membahas metodologi pendidikan agama kita harus memahami pengertian “metodologi” itu sendiri. Secara harfiah, kata “metodologi” berasal dari bahasa Greek, yakni “metha” yang berarti melalui dan “hodos” berarti jalan atau cara. Sedangkan “logos” berarti ilmu pengetahuan yang membahas tentang cara atau jalan yang harus dilalui . Jadi metodologi pengajaran agama islam adalah ilmu yang membicarakan cara - cara menyajikan bahan pengajaran agama islam kepada siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar